Resume Week 2 - Ethics

 Etika




Resume Materi Minggu ke-2

               Pada minggu kedua setelah adanya kontrak kuliah Prof. Slamin membahas tentang materi Etika Profesi yang mencakup tentang Etika, Moral dan juga Hukum yang berlaku bagi masyarakat maupun pemerintah. 
                Sebelum beranjak ke resume materi yang saya tulis, saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya Masyhuri Farhan mahasiswa Universitas Jember dari Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Sistem Informasi Angkatan 2019. Nah, setelah berkenalan akan saya sampaikan materi pertama yang akan dibahas yaitu Pengertian Etika.  
  • Pengertian Etika
          Etika sendiri berasal dari 2 kata di bahasa Yunani yang mempunyai arti yang berbeda yaitu ethos berarti "adat atau kebiasaan" sedangkan arti yang kedua yaitu "perasaan batin yang mendorong manusia dalam melakukan sesuatu".
          Sedangkan menurut KBBI etika dapat berarti ilmu tentang baik buruk dan tetang hak dan kewajiban moral (akhlak), bisa juga kumpulan nilai yang berkaitan dengan akhlak, dan juga nilai tentang benar dan salah.

         Selain kata etika pernahkah mendengar kata etiket? Antara etika dan etiket itu ternyata berbeda dalam hal definisi maupun penerapan. Etika itu menyangkut cara dilakukannya suatu perbuatan terkait dengan suatu norma tertentu dari perbuatan itu sendiri. Sedangkan untuk etiket hanya berlaku dalam situasi tertentu dalam lingkup sosial sehingga norma tersebut hanya berlaku ketika ada orang lain, dan ketika tidak ada orang lain atau sendiri etiket tersebut tidak berlaku.

          Dalam materi ini selain membahas tentang etika juga membahas tentang pengertian dari moral dan hukum. Moral adalah keyakinan pribadi seseorang tentang benar dan salah, dan Hukum adalah sistem peraturan yang memberi tau tentang apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan.

          Setelah membahas tentang perngertian pada materi ini juga membahas tentang macam-macam etika berdasarkan ruang lingkupnya yaitu :

  • Etika Umum : membahas prinsip-prinsip moral dasar.
  • Etika Khusus : menerapkan prinsip dasar pada masing-masing bidang. Etika khusus dibagi lagi menjadi 2 tipe yaitu :
    • Etika individual => menyangkut kewajiban dan sikap terhadap diri sendiri.
    • Etika Sosial => mengenai sikap dan kewajiban dalam berperilaku terhadap anggota masyarakat. Dalam etika sosial dibagi menjadi lebih khusus lagi yaitu etika sesama, etika keluarga, etika profesi, etika politik, etika masyarakat, dan etika ideologi.
          Nah, setelah membahas tentang pengertian dan macam-macam etika dan yang lainnya. Dalam materi etika profesi ini perlu juga membahas tentang profesi itu sendiri mulai dari pengertian sampai dengan kode etik dalam berprofesi, yang pertama perlu dibahas adalah pengertian profesi.
  • Pengertian Profesi

         Dalam KBBI profesi adalah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian seperti keterampilan dan kejuruan tertentu. Ketika seseorang menekuni profesi tersebut, orang itu dapat dikatakan profesional. 
        Profesi juga mempunyai berbagai ciri-ciri yaitu :
  1. Keterampilan berdasarkan teoritis
  2. Asosiasi profesional
  3. Pendidikan yang Ekstensi
  4. Ujian kompetensi
  5. Pelatihan Institusional
  6. Lisensi
  7. Kode etik
  8. Status dan imbalan.
  • Etika Profesi
         Etika profesi adalah sikap hidup dalam memberikan pelayanan professional terhadap masyarakat mupun pekerjaan dalam rangka melaksanakan tugas berupa kewajiban. Dalam etika profesi terdapat juga kode etik profesi yang mengaturnya yang didefinisikan sebagai system norma, nilai dan aturan professional secara tertulis tentang menyatakan apa yang baik dan benar , dan juga tentang apa yang salah bagi professional. 
        Karena pentingnya kode etik perlu diketahui tujuan spesifiknya yaitu agar professional memberikan jasa sebaik-baiknya kepada pemangku kepentingan, sehingga mencegah terjadinya perbuatan yang tidak professional.

Kesimpulan
        Setelah mengikuti perkuliahan Etika Profesi materi Etika ini saya dapat mengetahui tentang apa itu etika profesi dan pentingnya etika dalam profesi atau dunia kerja. Dan juga, perlunya kode etik sehingga dapat mengatur maupun mencegah perilaku dan kesalahan professionalisme dalam profesi. Dengan adanya kode etik profesi, seseorang akan menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab atas perbuatan maupun pekerjaannya terhadap orang lain atau stakeholder.  





Nama             : Masyhuri Farhan
NIM               : 192410101098
Mata Kuliah   : Etika Profesi A
    


Komentar

Postingan Populer